Kami menyediakan jasa untuk kebutuhan bisnis/property interior, 3D Printing, 3D Booth, Jasa 3D Model, Dan Jasa 3D Desain Interior. No telp & WA : 0878-8596-5186

Ads 1

test

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Jumat, 03 Mei 2019

3D Desain yang Bermanfaat untuk kehidupan Manusia


           
 
Source : Google
 
     Dari sekian kali artikel yang saya buat yang berkaitan dengan 3D printing kali ini saya ingin memberi teman – teman sekalian tentang manfaat atau kegunaan 3D print.  Apa sih kegunaannya dan manfaatnya serta software apa sih yang menunjang untuk membuat 3D model atau bahkan berguna juga  untuk pembuatan animasi? Simak berikut artikelnya.

            Baca Juga : (  Pengaruh positif 3D printing dalam edukasi )

3D Model bermanfaat sebagai alat komunikasi berupa visual yang dibentuk dalam digital sehingga memudahkan berkomunikasi tentang bentuk dan visualnya.  Berikut beberapa manfaat dibidangnya tentang 3D Model.

1.      Dalam Bidang Pendidikan

Source : Google

Dalam bidang pendidikan pelajar maupun mahasiswa/I diharapkan mengerti mengenai teori serta gambaran konsep yang dibentuk secara digital terlebih dahulu agar dapat mengiplementasikannya kedalam bentuk yang real atau mockup terlebih dahulu. Sebab dalam teori ini adalah teori mensimulasikan bentuk, bentuk visual akan memudahkan bagi yang melihat mengenai bentuknya.

2.      Dalam bidang entertainment



3D model tidak hanya digunakan untuk mengkomunikasikan model atau barang dalam bentuk digital akan tetapi berguna juga untuk mensimulasikan gambaran animasi ataupun sebagai media entertainment hiburan. Ada banyak animasi dalam berupa video atau movie.

3.      Dalam Bidang Perancangan



Desain 3D memang sangat bermanfaat sebagai sarana informasi visual objek. Pada bidang inilah sarana 3D digunakan untuk membuat berbagai desain dan object bangunan. Contohnya 3D visual digunakan untuk menyampaikan pesan object yang ingin dibuat nanti dalam bentuk digital terlebih dahulu sebelum memasuki tahapan produksi. Sehingga hal ini dapat meminimalisir kesalahan – kesalahan yang akan terjadi dalam produksi nanti.

            Baca Juga : ( 15 benda keren yang dibuat dari 3D Printing )

Serta adapula software yang saya rekomendasikan untuk membuat object 3D, Diantaranya adalah :

   Sketchup




Sketchup merupakan salah satu software yang mempunyai fungsi dalam desain grafis model 3 dimensi yang digunakan dan dirancang untuk para profesional di bidang teknik sipil, arsitektur, dalam pembuatan game, film, dan rancangan yang terkait didalamnya. Kelebihan dan kekurangan Software Sketchup diantara lain.

Kelebihan
1.      Interface yang menarik dan simple
2.      Mudah digunakan oleh golongan pemula sekalipun
3.      Banyak open source dan plugin yang mendukung kinerja Sketchup
4.      Terdapat fitur import file keektensi seperti 3ds,dwg,pdf,jpg dll
5.      Aplikasi ringan dijalankan untuk komputer berbasis standard
Kekurangan
1.      Karena kesederhanaan Sketchup menjadkan susahnya pemodelan tingkat lanjut meski memakai plugin sekalipun
2.      Terjadi Crash apabila terdapat banyak permukaan patch dan vertex ( terjadi apabila mengimpor model tingkat lanjut misal model manusia dari 3ds max ke Sketchup)
3.      Hasil gambar kurang memuaskan


  3Ds Max




3Ds max memiliki fungsi dalam pembuatan film animasi 3 dimensi maupun finishing object, baik untuk keperluan film, iklan, arsitektural (interior dan exterior, 3D building design), dan kegunaan lainnya yang berhubungan dengan pembuatan obyek tiga dimensi. Kelebihan dan Kekurangan 3Ds max miliki sebagai berikut.

Kelebihan
1.      Mampu membuat objek Virtual secara 3 dimensi. dan bentuk dapat diubah sesuai keinginan.
2.      Mampumemberikan efek-efek khusus pada hasil akhir produk seperti efek cahaya dan bayangan, efek       atmosfir seperti api, kabut dan lighting.
3.       Dapat menjalankan proses animasi, gambar dapat digerakan dan dirubah bentuknya serta diatur proses animasinya.
Kekurangan

3D Studio max mungkin bagus untuk pemula dan dapat membuat karakter efisien dan cepat, tetapi memiliki beberapa kelemahan bahwa harus dipertimbangkan. Dibandingkan dengan Maya 3D, kemampuan untuk membuat karya visual dengan pencahayaan kompleks adalah proses yang lebih lama dan lebih membosankan. Membuat lanskap juga dapat sedikit karena sulit untuk kamera. Kamera memiliki kecenderungan untuk memperbesar dan keluar dengan cara kereta jika benda-benda besar diimpor atas benda kecil dalam program ini.

Blender



Blender adalah perangkat lunak sumber terbuka grafika komputer 3D. Perangkat lunak ini digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Blender memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital, dan rendering. Kelebihan dan Kekurangan Software Blender diantaranya :

Kelebihan
·        Tidak membutuhkan ruang kapastias yang banyak
·        Software Open Source, jadi dapat dijalankan di operating sistem Linux
·        Tidak berat saat melakukan render
·        Dan mudah untuk digunakan

Kekurangan
·        Tool yang dimiliki tidak lengkap seperti 3D Max
·        Tampilan cukup berantakan
·        Semua proses dilakukan dengan manual

  Maya




Maya adalah software 3D modeling maupun animasi, khususnya character modeling dan character animation. perangkat lunak grafik komputer 3D dibuat oleh Alias Systems Corporation (Diakuisisi oleh Autodesk, Inc. pada tahun 2006). Maya digunakan dalam industri film animasi atau cartoon, dan juga untuk permainan video komputer. Kekurangan dan Kelebihan yang dimiliki Software Maya :

Kelebihan
·        Maya 3D memiliki kemampuan untuk kerajinan objek 3-D kustom dan memungkinkan pengguna untuk secara bebas dan mudah memanipulasi
·        masing-masing titik individu yang memungkinkan untuk rasa kontrol dan fleksibilitas.
·        Maya 3D memiliki kemampuan yang baik untuk kerajinan karya-karya seni visual jika digunakan dengan benar. Ini memiliki kekuatan besar dalam menyediakan pengaturan pencahayaan dan tekstur alat untuk membantu membuat objek terlihat lebih realistis.
Kekurangan
3D Maya tidak berisi fitur Bi-PED seperti 3ds Max, yang
berarti bahwa untuk menciptakan struktur rangka untuk karakter pengguna banyak
membangun satu set “tulang,” banyak seperti membangun kerangka dari bawah ke
atas. Hal ini dapat memakan waktu untuk melakukannya, terutama jika Anda
membuat kelompok besar karakter untuk film atau video game. Juga, antarmuka
untuk Maya 3D belum tentu sesuatu yang baik untuk pemula dan mungkin
membingungkan beberapa pengguna pertama kali.

Autocad



Autocad merupakan sebuah perangkat lunak (software) CAD yang memiliki fungsi untuk menggambar atau mendesain sebuah objek 2 dimensi ataupun 3 dimensi dengan sistem CAD (Computer Aided Design). Autocad merupakan salah satu software yang cukup populer dengan keunggulannya dalam mengembangkan produk-produknya. Biasanya Autocad digunakan oleh Insinyur sipil, Arsitek, Listrik, Mesin dan beberapa pekerjaan sejenis lainnya. Di jaman modern seperti saat ini, Autocad sangat digemari terutama untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi dengan mudah. Selain cara penggunaannya yang mudah, keunggulan Autocad lainnya adalah dapat mengerjakan pekerjaan dengan waktu yang relatif singkat dan tentunya didukung dengan kualitas hasil gambar yang baik. Kekurangan dan Kelebihan software Autocad Miliki diantaranya.

Kelebihan
·         Gambar yang dihasilkan mempunyai kualitas jauh lebih baik dibanding dengan hasil gambar manual karena gambar lebih rapi dan presisi.
·        Gambar desain yang dihasilkan mempunyai tingkat akurasi yang tinggi karena AutoCAD mempunyai tingkat presisi hingga tiga belas digit sehingga gambar lebih sempurna dan tepat ukurannya.
·        Gambar yang dihasilkan akan terjamin kerapian dan kebersihannya karena sangat memungkinkan direvisi maupun pengeditan gambar untuk kesesuaian cetak yang dikehendaki.
·        Bidang gambar kerja AutoCAD tidak terbatas sehingga memungkinkan untuk membuat gambar dengan ukuran yang sangat luas dan kompleks, tetapi dalam pencetakannya bisa dipilih bagian tertentu saja.
·        Skala gambar yang dihasilkan fleksibel karena dapat mencetak gambar desain yang dihasilkan dengan jenis skala yang sangat variatif.
·        Gambar yang dihasilkan bisa disimpan dengan cara yang sangat mudah, dimana hasil penyimpanan gambar tersebut bisa dibuka dengan software lain serta dipublikasikan untuk kerja antar tim apabila diperlukan.

Kekurangan
·        Aplikasi ini menjadi lebih kompleks
·        Kebutuhan hardware yang lebih tinggi.
·        Infrastruktur pendukungnya harus memadai, seperti penggunaan printer/plotter untuk mencetak gambar dalam ukuran yang besar.
·        Software prabayar.
·        Struktur file hasil penggambaran, definisi database dan file database dari software tersebut rumit.
·        Alur dari proses pekerjaan desain rumit karena software tersebut terbagi atas beberapa software lagi menurut bagian konstruksi mana yang akan dibuat.
·        Software tersebut kurang familiar diantara para drafter dan desainer kapal, hanya orang yang pernah diberi pelatihan saja yang bisa, sementara pelatihan software tersebut sangat mahal.

Sekian itulah artikel saya mengenai manfaat dan kegunaan dunia 3D bagi manusia. Perkembangan teknologi tak kunjung ada batas  demi memajukan kemajuan negara dan dunia serta teknologi sangat amat bermanfaat untuk kemudahan manusia dalam menjalankan kehidupannya masing – masing. Nahh buat temen – temen yang tertarik dengan industri 3D bisa dipilih tuh mana yang menurut teman – teman cocok dengan kemampuan dan passion teman – teman para pembaca artikel. Bisa kalian pilih salah satunya. Tulis dikolom komentar yah. Sekian Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot

Halaman